Sabtu, 01 April 2017

10 Universitas Favorit

Di Indonesia, ada banyak universitas favorit, 10 diantaranya bisa dilihat dari hasil data SBMPTN tahun sebelumnya berikut ini .

1. Universitas Padjajaran (Unpad)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Padjajaran atau biasa disingkat Unpad merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Bandung, Jawa Barat. Setiap tahunnya mendapatkan banyak peminat, sehingga siapa saja yang berhasil masuk kesana akan sangat beruntung karena bisa bersaing dengan ribuan orang. Unpad ini memiliki 2 kampus yaitu Kampus Dipati Ukur Bandung dan Kampus Jatinangor Sumedang. Fasilitas kampus yang dimiliki sangat beragam mulai dari asrama, ruang pertemuan, perpustakaan, sarana olahraga hingga transportasi.
Banyak sekali petinggi-petinggi negara yang menjadi alumni Unpad, salah satunya adalah Presiden RI ke-5 yaitu Megawati Soekarnoputri. Bahkan artis-artis pun tidak sedikit yang menimba ilmu disini. So, buat kamu yang bingung ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, Unpad bisa menjadi alternatif terbaik untukmu. Lebih dari 10 fakultas yang mengisi Unpad dengan beragam jurusan/prodinya.

2. Universitas Hasanuddin (Unhas)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Siapa saja alumni penting dari kampus ini? ada banyak alumni Unhas yang sekarang menjadi orang penting di Indonesia. Tahukah kamu bahwa Wakil Presiden yang pernah menjabat dua kali (termasuk saat ini) yaitu Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla adalah alumni dari Unhas. Akan menjadi kebanggaan jika kamu juga bisa bergabung dengan universitas dimana kampus ini mencetak alumni-alumni yang berprestasi dan menjadi orang penting di Indonesia.
Universitas Hasanuddin memiliki sekitar 14 fakultas diantaranya Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, MIPA, Peternakan, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kelautan dan Perikanan, Farmasi, dan Kehutanan.

3. Universitas Brawijaya (UB)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB atau UNBRA, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berdiri di Malang, Jawa Timur. UB ini memiliki kampus pusat yang berada di Malang (Puncak Dieng, Griyasahanta, Ketawanggede). Ada beberapa jalur masuk yang disediakan kampus ini untuk adik-adik yang berniat melanjutkan studi ke UB atau untuk mahasiswa UB sendiri yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi diantarnya yaitu SNMPTN, SBMPTN, kemudian jalur mandiri seperti SPKD/SPKIns, SPMK, Kampus Kediri, SPI, SAP, dan SPVok.
Fasilitas kampus sangat beragam mulai dari pusat pembelajaran yang dilengkapi labolatorium sebagai penunjang pendidikan, fasilitas mahasiswa, olahraga&seni, pelatihan dan penelitian, dll. Salah satu alumni penting Universitas Brawijaya adalah beliau yang saat ini menjadi kandidat cawagub DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama yaitu Drs. H. Djarot Saiful Hidayat.

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Sumatera Utara (USU) tentunya berada di Sumatera Utara tepatnya di kota Medan. USU juga menjadi kampus pertama yang mempunyai fakultas Kedokteran di pulau Sumatera. Ada banyak fakultas serta organisasi hingga fasilitas yang disediakan USU. Salah satu alumni USU yaitu beliau seorang pengusaha pers sekaligus pimpinan Media Group dan stasiun televisi Metro TV.

5. Universitas Indonesia (UI)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Siapa yang tidak tahu kampus ini? merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia dengan kampus utamanya berada di Depok, Jawa Barat. Kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi papan atas selain Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Banyak sekali fasilitas yang disediakan mulai dari perpustakaan, asrama, sarana olahraga, pusat kesehatan mahasiswa, kegiatan mahasiswa, hingga transportasi.
Lebih dari 10 fakultas yang dimiliki UI, serta banyak prestasi kelas dunia yang telah diraihnya. Bahkan lebih dari 60 pusat studi untuk melakukan kegiatan penelitian dalam mendukung kegiatan pengabdian masyarakat serta pendidikan. Salah satu alumni penting UI adalah Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D yang menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro.

6. Universitas Diponegoro (Undip)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017

Selanjutnya adalah Universitas Dipenogoro atau Undip yang menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini berada di Semarang, Jawa Tengah. Kampusnya tersebar di beberapa lokasi di Semarang dan Jepara. Undip memiliki 11 fakultas dan 1 program pascasarjana serta banyak fasilitas kampus yang tersedia seperti perpustakaan, Masjid, stadion, rumah sakit, gedung serba guna, transportasi, dll.
Salah satu alumni penting kampus favorit ini adalah Dr. (HC) Susi Pudjiastuti yang sekarang adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan. Siapa yang tidak kenal orang ini? dengan beraninya beliau pernah menenggelamkan kapal ikan ilegal yang beroperasi di wilayah Indonesia.

7. Universitas Gadjah Mada (UGM)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Sudah bukan barang baru lagi, universitas yang satu ini terkenal tidak hanya di wilayahnya melainkan diluar wilayah sudah sangat familiar. UGM merupakan salah satu unversitas negeri yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia yang berlokasi di Bulaksumur Yogyakarta. Jika kamu datanga pertama kali ke UGM, yakin deh akan bingung mencari gedung-gedungnya karena banyak dan luasnya fasilitas serta pusat studi hingga administrasi yang dimiliki UGM.
Presiden RI saat ini yakni Ir. H. Joko Widodo menjadi salah satu alumi kampus papan atas. Masih banyak orang-orang penting yang pernah menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada. Lebih dari 10 fakultas dengan beragam program studi serta dua sekolah yakni sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana ada di UGM.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Sebelas Maret yang biasa disingkat UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berada di kota Surakarta yang menyediakan pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral. UNS ini memiliki sekitar 10 fakultas diantaranya Fakultas Seni Rupa dan Desain, Ilmu Budaya, Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, MIPA, Pertanian, Teknik, dan Hukum.

9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan lokasi kampus utama berada di Bandung, Jawa Barat. Kampus UPI tersebar di dua provinsi yaitu Banten dan Jawa Barat, adapun selain kampus utama yang ada di Bandung, kampus lainnya berlokasi di Serang, Purwakarta, Sumedang, Tasikmalaya dan Cibiru. UPI sendiri memiliki 8 fakultas dengan banyak fasilitas mulai dari pusat pembelajaran, olahraga dan seni, dan sarana umum lainnya.

10. Universitas Andalas (Unand)

10 Universitas Favorit di Indonesia 2017
Kemudian, ada Universitas Andalas yang menjadi slaah satu univeritas favorit di Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Kampus ini merupakan kampus tertua di luar Pulau Jawa. Unad memiliki 15 fakultas dan 1 program pascasarjana, serta memiliki prestasi yang cukup banyak. Layanya universitas favorit yang lain, Unad menyediakan banyak fasilitas demi mendukung proses pembelajaran.
Itulah informasi mengenai 10 Universitas Favorit di Indonesia 2017. Semoga informasi ini membantu adik-adik jika masih bingung ketika akan memilih perguruan tinggi mana yang recomended. Selain ke 10 unversitas ini masih banyak kampus-kampus terbaik Indonesia yang bisa kamu pilih.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar